Sunday, November 16, 2014

Sejarah Musik Sheila On 7

Sejarah Musik Sheila On 7
Bermula dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama "WH Y Gank" mengajak Duta turut latihan band mereka untuk jadi vokalis. Duta diambil berbekal narasi Adam bahwa Adam dan Duta adalah berlangganan pengisi acara 17 Agustus-an di komplek perumahan mereka, Duta menyanyi serta Adam bermain gitar akustik.


Bicara tentang "WHY Gank" waktu itu, Adam dan Sakti masih tetap sering bertukar posisi juga sebagai bassist dan guitarist tergantung dari lagu yang mereka bawakan. Tapi kebetulan band yang beranggotakan Adam, Sakti, Duta, serta seseorang drummer bernama Agung ini belum pernah mencicipi panggung musik. Mereka baru hanya latihan di studio, meng-cover version lagu band-band terkenal, serta turut audisi / seleksi untuk dapat tampak di suatu acara.

Satu tahun berselang sesudah "WH Y Gank" pernah vakum sekian waktu, berkenalanlah mereka dengan Eross (yang nanti jadi lead guitar mereka). Mereka berempat lalu mengambil keputusan untuk mengawali suatu band baru, serta bersualah mereka dengan Anton sang pemain drum yang diperkenalkan oleh Eross saat latihan pertama band ini di studio. Sesudah latihan pertama usai inilah mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama "Sheilagank", serta jadikan tanggal 6 Mei 1996 juga sebagai hari lahir mereka.

"Sheilagank" pernah malang melintang di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama lebih kurang 2 th., Sampai pertengahan th. 1998 pada akhirnya mereka mendapatkan "kontrak rekaman" pertama mereka dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Mereka lalu mengubah nama band mereka jadi "Sheila On 7". Nama "Sheilagank" lalu dipakai juga sebagai sebutan untuk pendengar setia karya-karya mereka.

"Sheila" sesungguhnya di ambil dari nama rekan SMA Eross yang juga yaitu rekan SD Adam serta Duta. Alkisah, waktu pertama Adam dan Eross berteman dahulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan "rekannya Sheila ya ?!", serta Eross juga menjawab "Anda rekannya Sheila juga ya ?!", sampai nama itu kerapkali dimaksud dalam pembicaraan mereka. Sedang "On 7" tujuannya yaitu "pada 7 suara yakni do-re-mi-fa-sol-la-si". Sampai nama "Sheila On 7" kurang lebih ini berarti rekan-temannya "Sheila" yang memainkan 7 suara / memainkan musik.

Sheila On 7 mulai sejak awal debutnya di kancah musik Indonesia sudah menorehkan sangat banyak prestasi, salah satunya jadi hanya satu band Indonesia yang dapat jual album fisik sejumlah kian lebih satu juta copy, tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, serta Brunei.

Tapi di th. 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) karena ketidaksamaan visi. Waktu itu lalu Brian masuk juga sebagai additional player isi posisi drummer yang ditinggalkan Anton. Brian tampak berbarengan Sheila On 7 di beragam tur untuk promo album "Pejantan Tangguh". Album The Very Best of Sheila On 7 (2005) jadi karier rekaman studio pertama Brian berbarengan Sheila On 7 juga sebagai additional player.

Pada th. 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti lantaran ia mengundurkan diri di tengah-tengah sistem rekaman album "507". Tapi ketika sistem rekaman album "507" itu pulalah Sheila On 7 pada akhirnya mengangkat Brian jadi drummer terus Sheila On 7 sampai saat ini.

Sheila On 7 saat ini yaitu Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), Adam (bass). Mereka memiliki nickname "BEDA" Well, they are .. different :)

No comments:

Post a Comment